Sabtu, 03 Oktober 2015

Sejarah Peradah DPP Maluku

Sejarah Peradah DPP Maluku
______________________________

Ambon, Purnama pada 18 September 2005 nenggoreskan catatan sejarah tersendiri bagi umat Hindu Maluku, khususnya bagi generasi muda dan wanitanya. Dewan Pimpinan Propinsi (DPP) Peradah Indonesia Maluku dan Pengurus Daerah Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Maluku terbentuk.

Ide awal berasal dari A.A. Gede Putra, SIP, MM, profesional muda yang bekerja di jajaran pimpinan sebuah bank pemerintah terkemuka di Kantor Cabang Maluku, yang dalam kegiatan sosialnya masih menjabat sebagai Bendahara Umum DPN Peradah Indonesia. Agung Putra "menantang" generasi muda Hindu Maluku untuk merealisasikan wadah sebagai wahana berkiprah dan menunjukan eksistensi pemuda Hindu Maluku yang juga merupakan bagian dari pemuda Hindu Indonesia. Gayung bersambut, generasi muda Hindu Maluku pun merasa sudah cukup lama bercita-cita punya wadah.

"Kami malah sejak tahun 1997 sudah ingin membentuk wadah ini, namun keburu krisis ekonomi yang disusul dengan konflik di Maluku ini," kata salah seorang dari mereka.

Sambutan antusias generasi muda Hindu Maluku membentuk DPP Peradah Indonesia Maluku disambut oleh Ibu Dra. IGA Sri Astuti, MS; Ketua Parisada Propinsi Maluku. "Sekalianlah kita bentuk WHDI Maluku. Dengan demikian Parisada punya mitra baik dari kalangan pemuda maupun wanita dalam membina umat di Maluku," ucap Kepala BKKBN Propinsi Maluku ini. Usai sembahyang Purnama bersama-sama, pelantikan DPP Peradah Indonesia Maluku dan WHDI Maluku dilaksanakan dalam suasana khidmad di madya mandala Pura Ciwa Stana Giri Ambon.

Pelantikan pengurus DPP Peradah Indonesia Maluku yang didominasi oleh putra-putra Hindu asli Maluku dengan Ketua Ir. K. Tunas, MS dan Sekretaris I W Sutapa, S.Si. dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPN DPP Peradah Indonesia KS Arsana, yang secara khusus datang dari Jakarta bersama Adi Setiawan, Ketua Bidang Usaha dan Dana. Sedangkan pengurus WHDI Maluku dengan Ketua Ny. Nengah Sukarta dan Sekretaris Desak Ketut Kusmira dilantik oleh Ketua Parisada Propinsi Maluku.

Dalam sambutannya, Ketua Parisada Maluku menekankan bahwa keberadaan Peradah dan WHDI di Maluku diharapkan dapat bekerja bersama-sama Parisada dalam memberi pemahaman dan pencerahan Agama Hindu kepada seluruh umat di Provinsi Maluku yang tersebar di beberapa pulau. Hadir saat pelantikan Drs. Ketut Darsa, Pimpinan Cabang BNI di Maluku bersama umat Hindu di Ambon. Acara pelantikan diakhiri dengan potong tumpeng dan dilanjutkan ramah tamah sambil santap malam bersama. Secercah semangat dan harapan bagi umat Hindu lebih bersinar dari wilayah timur Indonesia. 

Source :   Media Hindu 22 Desember 2005
Credit I Wayan Sutapa.

© Copyright 2015

Tidak ada komentar: