Rabu, 29 Juni 2016

Arca Deva Shri Murugan di Kuil Sri Raja Rajeswari Amman, Langkat, Sumatera Utara

Arca Deva Shri Murugan di Kuil Sri Raja Rajeswari Amman, Langkat, Sumatera Utara



Dengan tinggi sekitar 17 meter Arca Deva Shri Murugan tersebut merupakan yang tertinggi kedua di dunia setelah Arca serupa di Malaysia. Prosesi upacara Maha Kumbhabishegam (penyucian) berlangsung selama 3 hari. Peresemian yang berlangsung sangat meriah dihadiri oleh pejabat pemerintahan dan organisasi keagamaan diantaranya adalah Dirjen Bimas Hindu, Ketua Umum PHDI Pusat, Kasdam Bukit Barisan, Kakanwil Kemenag Prov Sumatera Utara, Bupati Langkat, Gubernur Jambi dan Ketua FKUB Sumatera Utara.

Dalam sambutan peresmiannya yang dilakukan 2012 Dirjen Bimas Hindu mengungkapkan apresiasinya dan juga bangga dengan antusiasme umat Hindu etnis Tamil yang ada di Sumatera Utara mampu mendirikan kuil dan patung semegah ini dengan biaya murni dari Swadaya umat.

Ketua PHDI Sumatera Utara, Naransami mengatakan bahwa selama upacara ini berlangsung dihadiri oleh ribuan umat Hindu dari Sumatera Utara dan sekitarnya bahkan dari Malaysia, Singapura dan India. Lebih lanjut dikatakannya meskipun disekitar lokasi kuil sama sekali tidak ada umat Hindunya, tetapi dukungan masyarakat sekitar kuil serta Pemkab Langkat sungguh luar biasa.

Sebelumnya pada tahun 2011 Dirjen Bimas Hindu juga meresmikan Shri Sitthi Vinayagar Kuil yang berada di Karangsari, Medan. Dalam kesempatan yang lain, Dirjen Bimas Hindu bersama Ketua Umum PHDI Pusat dan Ketua Umum WHDI Pusat juga menghadiri pelantikan pengurus WHDI Provinsi Sumatera Utara bertempat di Kuil Shri Mariyamman Kota Medan. Kunjungan kerja Dirjen Bimas Hindu ke Sumatera Utara diakhiri dengan membuka Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Umat Hindu yang diselenggarakan oleh Ditjen Bimas Hindu.

@Copyright2016

Tidak ada komentar: