Selasa, 28 Juni 2016

MANFAAT YOGA BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT YOGA BAGI KESEHATAN TUBUH



Kita sebagai umat Hindu semestinya menyambut gembira dan memberikan apresiasi positif dengan makin tingginya minat masyarakat Indonesia untuk belajar Yoga , karena bisa menjadi titik awal kepedulian kita terhadap nilai – nilai positif yang ada dalam yoga itu sendiri. Perlu saya sampaikan disini bahwa tujuan yang ingin dicapai dalam melaksanakan yoga adalah pencapaian moksa melalui kesadaran yang disebut sebagai “wiwekajnana” yaitu pengetahuan tentang apa yang salah dan apa yang benar menurut ajaran Hindu. Oleh karenanya Yoga sangatlah penting untuk kita pelajari dan kembangkan bersama oleh segenap umat Hindu, karena kaya akan nilai – nilai spiritual tinggi yang diramu oleh sang kreator pada saat penciptaannya. 

Yoga yang secara harfiah berasal dari suku kata “yuj” yang memiliki arti menyatukan atau menghubungkan diri dengan Tuhan dengan mengendalikan gerak-gerak pikiran. Secara spiritual Yoga merupakan suatu proses di mana identitas jiwa individual dan jiwa Hyang Agung disadari oleh seorang yogi. Yoga adalah salah satu jalan keselamatan dalam Hinduisme, yaitu cara mencapai Moksa atau kelepasan. Lebih dari itu, Yoga juga diartikan sebagai usaha mendisiplinkan diri untuk merealisasikan kehadiran Tuhan dalam diri, dan juga berarti usaha mengatur kekuatan alam dari roh, dan juga sebagai usaha penyatuan diri. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan. Dengan demikian menurut hemat saya ada dua hal yang penting sebagai seorang praktisi yoga yaitu melatih secara terus menerus sekaligus tidak terikat dengan hal-hal duniawi. 



Maraknya Yoga sekarang ini oleh sebagian kalangan dianggap pertanda kebangkitan Hindu di Indonesia. Sebagian umat dari berbagai agama, kepercayaan lalu mulai berpaling ke yoga dan meditasi. Di Indonesia saat ini mereka-mereka yang tertarik kepada yoga pada umumnya terdiri dari orang-orang yang memang gemar pada kesehatan dan hal-hal yang bersifat spiritual. Silang pendapat pun bermunculan dari para ahli agama lain. Sebagai pemilik sah dan yang paham betul akan filosofi dari Yoga tentunya kita menyadari bahwa ada banyak jalan untuk mencapai kebenaran tertinggi. Jalan yang berbeda-beda itu tampaknya memiliki tujuan yang sama yaitu sebuah penyatuan tertinggi antara Atman dengan Brahman. Dan masing-masing dari kita berada pada tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Karena itu tiap orang disiapkan untuk tingkat pengetahuan spiritual yang berbeda pula. Semua jalan rohani yang ada di dunia ini penting karena ada orang-orang yang membutuhkan ajarannya. Jalan rohani itu merupakan sebuah batu loncatan untuk pengetahuan yang lebih lanjut. Setiap jalan rohani memenuhi kebutuhan rohani yang mungkin tidak dapat dipenuhi oleh jalan rohani yang lain. Tidak satupun jalan rohani yang memenuhi kebutuhan semua orang di segala tingkat. Dengan demikian kita tidak berhak untuk mencerca jalan rohani yang lain begitu pun sebaliknya. Semua berharga dan penting di mata-Nya. Ada pemenuhan sabda Tuhan, akan tetapi kebanyakan orang tidak memperolehnya disini untuk bisa meraih kebenaran, kita perlu mendengarkan dan melepas ego kita. Dan Yoga sebagai salah satu jalan yang bersifat universal adalah salah satu jalan rohani dengan tahapan-tahapan yang disesuaikan dengan kemampuan spiritual seseorang.

@Copyright2016

Tidak ada komentar: