Selasa, 28 Juni 2016

PEMBINAAN KERAGAMAN BUDAYA OLEH PEMBIMAS HINDU DI KAB. SERAM TIMUR

PEMBINAAN KERAGAMAN BUDAYA OLEH PEMBIMAS HINDU DI KAB. SERAM TIMUR


Penyelenggara Bimas Hindu Kemenag Kabupaten Seram Bagian Timur, melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Budaya Keagamaan yang di ikuti oleh tiga puluhan peserta bertempat di gedung wantilan Pura Siwa Putra Stana Giri tanggal 29 Mei 2016. Acara diawali dengan laporan panitia penyelenggara kegiatan oleh Bapak Herwanto, S.Sos.H selanjutnya arahan dan pembukaan secara resmi oleh Pembimas Hindu dan terakhir Doa.
            Kegiatan Pembinaan Dan Pengembangan Budaya Keagamaan tahun 2016 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan maningkatkan pemahaman ajaran agama serta budaya keagamaan, sehingga para generasi muda dan umat Hindu dapat berperan aktif secara kreatif efektif dan inovatif. Karena dengan adanya umat yang kreatif, efektif, dan inovatif maka hal ini merupakan bagian dari program pemerintah dalam mengantisipasi peliknya situasi  serta kondisi ekonomi saat ini.
Dengan demikian ada 2 program prioritas yang di ingin dicapai dalam Pembinaan Dan Pengembangan Budaya Keagamaan yakni :
1.    Pelayanan Penyelenggaraan Informasi Keagamaan pada setiap hari besar keagamaan Hindu.
2.    Pelayanan penyelenggaraan latihan Seka Gong secara berkala
            Kegiatan ini di buka oleh Pembimas Hindu Provinsi Maluku Bapak Sukardi Rianto, S.Ag sekaligus sebagai narasumber kegiatan. Dalam pemaparan materinya Pembimas Hindu menghimbau setelah selesai kegiatan bagi para peserta yang pertama bisameningkatkan kesadaran umat dan pentingnya melestarikan budaya keagamaan di Kabupaten Seram Bagian Timur. KeduaMeningkatnya kualitas penghidupan dalam jati diri sebagai bangsa Indonesia. Dan yang ketiga dapat meningkatkan pemahaman terhadap informasi keagamaan serta rajin Puja Bhakti.

Sebelum acara penutupan pada kesempatan ini pula Pembimas Hindu menyerahkan bantuan sarana keagamaan umat Hindu di Kabupaten Seram Bagian Timur berupa Sejata Dewata Nawa Sanga, Payung dan Umbul-umbul kepada kedua penyungsung Pura WanaGiri, dan Pura Siwa Putra Satana Giri.


@Copyright2016 

Tidak ada komentar: