Senin, 27 Juni 2016

PULAU SERAM SAKSI MELEBURNYA EMPAT ETNIS HINDU NUSANTARA

PULAU SERAM SAKSI MELEBURNYA EMPAT ETNIS HINDU NUSANTARA

Umat Hindu Naulu Huahulu Jawa dan Bali dalam satu pertemuan bersama di Pulau Seram.

Pulau Seram ialah pulau terbesar yang berada di Provinsi Maluku. Seram menyimpan banyak misteri yang sampai saat ini belum terkuak oleh dunia luar. Sampai saat ini kami sudah bisa setidaknya menemuka empat etnis asli dari Pulau ini yang tersebar disepanjang pegunungan dan hutan hutan pedalaman mereka ialah suku Naulu suku Huahulu suku Yamatitam dan yang paling misterius yaitu suku Batik.

Orang Naulu dan Huahulu yang mengaku leluhurnya Hindu sisa pasukan Majapahit yang berekspansi di Maluku pada jaman keemasannya sedang suku Yamatitam dan Batik mempunyai latar belakang yang sama namun karena keterbatasan kami dalam berkomunikasi dan mobilitas maka kedua suku tersebut belum bisa kami kenal lebih dekat apakah masih Hindu atau sudah ada misionaris lain yang masuk.

Kembali kepada suku Naulu dan Huahulu yang sudah resmi mengakui leluhurnya Hindu dan sering berkoordinasi dengan umat Hindu Transmigran dari Jawa dan Bali secara terbuka mereka senang dengan adanya saudara seDharna dari luar daerah yang sudah lebih maju dan modern.

Dalam satu kesempatan yang difasilitasi Bimas Hindu Maluku kami dapat melihat keempat etnis seDharma yang sudah berdomisili di Pulau Seram baik penduduk pribumi Huahulu dan Naulu maupun pendatang Jawa dan Bali saling mendukung akan adanya satu kesatuan umat yang kuat bukan hanya dari segi spiritualitas dan juga bisa dalam kerjasama dibidang ekonomi dengan memberdayakan sesama umat Hindu.

@Copyright2016

Tidak ada komentar: